Pegawai / Karyawan

PEGAWAI/KARYAWAN

Berbicara tentang arti sukses bagi seorang karyawan, mari kita mulai dari penjelasan Guru Saya, seorang sufi besar bernama Ibnu Athaillah; mengajarkan bagaimana orang hidup dalam keyakinan dan rendah hati; hidup dengan usaha yang terus menerus tanpa kenal lelah, apapun pekerjaan kita.  ““Tanamkanlah wujudmu dalam bumi yang sunyi sepi, karena sesuatu yang tumbuh dari benda yang belum ditanam, hasilnya tidaklah sempurna.”

Tidak ada usaha yang sia-sia. Ini yang selalu saya katakan kepada team dan selalu saya yakinkan dalam diri, bahwa setiap usaha akan membuahkan hasil, baik langsung maupun tidak langsung. Seperti halnya do’a, tidak ada doa baik yang tidak dikabulkan. Cuma cara tuhan mengabulkannya tentu saja dengan hal yang benar-benar dibutuhkan manusia. Kalau ada usaha yang sia-sia, bukankah konsep apapun dalam setiap Agama akan menjadi “omong kosong”?

Kalau kita merasa bahwa setiap aktivitas dan usaha yang kita lakukan selalu gagal, itu karena ekspektasi kita terlalu tinggi, padahal sesungguhnya kita tidak benar-benar gagal, kita sudah memulai, melakukan, dan menjalaninya. Karena kita lebih fokus pada kegagalan itu sendiri, maka kita merasa gagal. Padahal kita berhasil dengan keberhasilan-keberhasilan kecil, kesuksesan-kesuksesan kecil. Kalau kita merasa gagal, minimal kita masih sadar dan dan tahu dengan “perasaan gagal” itu, dan itulah yang saya sebut sebagai “kesuksesan-kesuksesan kecil” yang akan menjadi tangga menuju kesuksesan yang selanjutnya. Bukankah kesuksesan-kesuksesan kecil akan disusul dengan kesuksesan selanjutnya yang lebih besar? “Sukses akan melahirkan sukses yang lain.” begitu ungkap Bung Mario.

Lalu apa arti sukses sebanarnya bagi seorang karyawan atau pekerja? Seorang karyawan mungkin bisa jadi bawahan, level paling rendah dalam sebuah struktur organisasi, mungkin mereka bawahan kita, anak buah kita, dan pesuruh kita. Tapi jangan pernah lupa satu hal, mereka adalah bos atas dirinya sendiri, mereka adalah bos bagi perasaan mereka sendiri. Bagi saya, arti sukses sejati bagi seorang karyawan adalah “ketika kita bisa menikmati setiap proses kerja kita, dan proses itu dapat menghasilkan tiga hal: value, ilmu dan uang”.

Pertama, value / nilai dan bermanfaat bagi kita dan orang lain. Bukankah sebaik-baiknya manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi sesamanya? Anda bisa saja sukses sebagai seorang karyawan, pengusaha, dan profesional dengan mengumpulkan banyak rupiah. Tapi kesuksesan itu tidak akan ada artinya ketika merugikan orang lain, sistem, lingkungan hidup dan keberlangsungan hidup orang lain. Masih ingat Gayus? Siapa pegawai negeri muda yang lebih kaya dari Gayus?

Kedua, Ilmu. Setiap proses kerja dan kesuksesan akan benar-benar menjadi sukses sejati ketika proses itu membuat ilmu (skill) dan pengetahuan kita bertambah dan dapat menunjang proses pembangunan mental dan pondasi diri yang kokoh sebagai pribadi. Pernahkan Anda mengenal orang yang bekerja monoton dalam satu bidang selama 30 tahun? kalau pekerjaan itu tidak menambah ilmu dan pengetahuan, sebenarnya orang itu hanya bekerja 1 tahun dan 29 tahunnya hanya mengulang pekerjaan yang setahun itu.

Ketiga, Uang dan Hasil. Uang tentu saja penting meskipun bukan segalanya. Karena segalanya akan sulit tanpa uang.

 

KESIMPULAN

Memang tidak mudah untuk menjadi pengusaha. Berbagai resilo pun akan dihadapi. Kehilangan kerugian dan kehilangan modal sudah pasti akan dihadapi. Namun kemudian, tidak ada salahnya untuk mencobanya. Ada 2 (dua) kemungkinan yang akan dihadapi oleh orang yang hendak melakukan bisnis:kalo nggak rugi ya untung.

Keuntungan menjadi pengusaha:

  1. Kita bisa bekerja,sesuai minat atau hobi kita.
  2. Tidak mengalami yang namanya,di bentak – bentak BOS.karena ,jika kita mempunyai suatu bisnis,kitalah BOS yang sesungguhnya.
  3. Kita bisa jauuh lebih memiliki income yang besaar jika kita memiliki suatu bisnis.daripada kita menjadi pgawai di suatu perusahaan.
  4. 4. Tidak perlu capek capek melamar,karena kita yang dilamar.

Kenapa harus menjadi pengusaha ?
jawabannya adalah semakin banyak penduduk indonesia yang mebuka suatu usaha,otomatis juga membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang.dengan begitu,perekonomian Indonesia akan mengalami kemajuan.

Sedangkan kelebihan dan kekurangan menjadi seorang pegawai, yaitu:

Kelebihan

  • Gaji tetap,bahkan sering ada tunjangan (hanya untuk pegawai/karyawan)
  • Untuk pegawai pemerintah ada dana pensiun
  • Tak perlu modal (modal disini dalam artian uang,tapi bukan uang utk pndidikan dll)

Kekurangan

 

  • Di perlukan keahlian khusus
  • Strata / tingkat pendidikan kamu harus bagus dan itu jadi syarat vital
  • Gaji hanya naik jika naik jabatan
  • Makin kaya makin sibuk (hanya untuk yang bekerja utk diri sendiri seperti artis,dokter dll)

 

<< Bacaan Sebelumnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: