USAHA KREATIF DARI BAHAN SEDOTAN

USAHA KREATIF DARI BAHAN SEDOTAN

Semua orang pasti mengenal sedotan, pada awalnya, sedotan hanya digunakan sebagai alat Bantu untuk menyedot minuman, namun kini, sedotan sudah mulai banyak digunakan sebagai bahan utama untuk membuat produk-produk kerajinan yang menarik.

Salah satu yang dibuat CNC adalah kerajinan membuat aneka bunga dari sedotan karena bahan bakunya murah, mudah didapat, mudah dibentuk, dan hasilnya unik.

Sedotan kaya akan ragam warna, sehingga tidak perlu lagi bermain dengan pewarna, air atau peralatan lainnya. Meskipun terkesan agak kaku, sedotan memiliki sifat dasar plastic yang elastis dan lentur sehingga mudah untuk dikreasikan.

Kita bisa membuatnya dengan berbagai macam kreasi bunga-bungaan yang cantik dan indah. Untuk memperoleh bahannya, kita tak perlu pusing-pusing mencarinya karena hampir di setiaptoko menjual sedotan.

Sedotan merupakan barang yang sangat sepele. Harganya pun relatif murah. Jika kita minum es teh atau es jeruk di warung, kita selalu memakai sedotan. Tapi kita tidak pernah benar-benar memperhatikan sedotan itu. Setelah selesai dipakai ya langsung kita buang.

Sebenarnya, dengan sedikit sentuhan, maka sedotan tersebut dapat dirangkai menjadi hiasan bunga. Modal yang diperlukan juga sangat sedikit sebab bahan-bahan yang digunakan sangat murah dan ada di sekitar kita. Selain itu, karena terbuat dari bahan imitasi, maka bunga ini tidak akan pernah layu. Pilihan warna bunga juga sangat variatif sebab sedotan mempunyai variasi warna yang cukup banyak. Kita bisa membuat sebuah bunga dengan satu warna ataupun dengan beberapa warna.

Alat yang perlu disiapkan adalah gunting, cutter, dan lem. Sedangkan bahan yang dibutuhkan adalah sedotan, lidi atau bisa diganti dengan kawat yang agak besar (diameternya sekitar 2 mm), kertas krep (kertas yang biasa dipakai sebagai hiasan waktu ulang tahun) atau dapat diganti dengan kertas pita. Jika diperlukan, kita juga dapat menggunakan bekas botol plastic sebagai tambahan aksesoris. Prinsip yang digunakan dalam proses pembuatan bunga sedotan adalah ujung sedotan dibelah menjadi empat. Beberapa sedotan tersebut kemudian digabungkan menjadi satu sehingga berbentuk bunga sedang mekar. Bunga ini kemudian kita ikatkan pada kawat yang telah dibalut kertas krep. Daun bisa dibuat dari potongan kertas pita atau dari potongan bekas gelas plastik. Jika kita menginginkan bunga yang lebih kecil, sedotan dapat dibagi dua terlebih dahulu. Kita bisa mengesut sedotan sehingga berbentuk lebih mekar dan agak lemas.

Jika ingin bunga kelihatan lebih rumpun, kita bisa membelahnya menjadi lima atau delapan. Sedotan juga bisa dipotong menjadi empat kemudian dilipat berbentuk segitiga kecil sehingga berbentuk bunga kuncup yang sederhana. Kita bisa bermain-main dengan memodifikasi secara bebas. Dengan sedikit trik, ternyata sedotan bekas bisa menjadi bunga nan cantik

 

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: